Latest News

Mengenal Pengkodean Dalam Sistem Komputer

Tahu enggak temen-temen bahwa sebenarnya komputer merupakan mesin yang digerakkan oleh listrik. Dan listrik itu hanya mengenal dua keadaan atau dua kondisi yaitu keadaan menyala dan keadaan mati. Dari sinilah buatlah sebuah kode-kode untuk menjalankan komputer.

Bahasa komputer dua keadaan tersebut disebut binary. Kode kode binary tersebut kemudian disusun menjadi sebuah perintah untuk menjalankan komputer. Dari sistem biner tersebut dibuatlah teknik untuk menghubungkan sistem yang selama ini banyak digunakan di dunia bilangan berbasis 5 bilangan berbasis 8 atau oktal bilangan berbasis 10 bilangan desimal atau berbasis 16 hexadecimal.

Penerapan sistem desimal dengan mudah kita lihat pada pengalamatan IP address versi 4 dalam komputer. Sedangkan penerapan pada sistem gadismalam dapat kita lihat pada pengalamatan IP address versi 6. Serta juga diterapkan pada pengalamatan MAC address LAN card.

Untuk mengenang email oktal maupun heksadesimal mari kita bahas lebih lanjut.

Menerapkan sistem bilangan
Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menerapkan bilangan desimal di mana angka akan dimulai dari nol dan arti angka 9. Dalam ilmu komputer sistem desimal ini dikenal dengan radit 10.

Sebenarnya ada banyak bilangan yang didefinisikan mulai bilangan berbasis dua bilangan berbasis tiga bilangan berbasis 4 game berbasis 10 sampai bilangan berbasis 16. Sistem bilangan berbasis 2 basis 8 berbasis 10 dan berbasis 16 yang sering digunakan dalam pengoperasian di dalam komputer.

Sistem bilangan digunakan untuk mewakili sebuah besaran fisik. Marilah kita lihat penggunaan dari sistem bilangan tersebut pada komputer.
1. Bilangan berbasis 2 adalah bilangan yang terdiri dari angka 0 dan angka 1. Bilangan inilah yang menjadikan komputer bisa bekerja seperti saat ini. Hampir semua bahasa pemrograman akan melakukan konversi dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah. Artinya bahasa yang dipahami oleh manusia kemudian dirubah ke dalam bahasa yang dipahami oleh komputer yaitu bilangan biner.

2. Bilangan berbasis 10 atau desimal terdiri dari angka 0123456789 . Contoh Pengaplikasian bilangan berbasis 10 adalah saat kita melakukan pengalamatan di IP address versi 4.

IP address : 192.168.43.85

3. Bilangan berbasis 16
Bilangan berbasis 16 sering disebut dengan hexadesimal yang terdiri atas bilangan 0  1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B C D E F. Penerapan jangan dapat kita temukan pada pengaturan IP address versi 6 atau pengalamatan pada MAC address yang terdapat pada kartu jaringan.

0 Response to "Mengenal Pengkodean Dalam Sistem Komputer"