Latest News

Memahami fungsi Left, Right dan Mid

Memahami fungsi Left, Right dan Mid. Dalam microsoft excel ada beberapa fungsi dapat digunakan untuk mengelola data yang bersumber dari satu kode. Dengan melakukan modifikasi dan manipulasi pada sumber data kita akan dapatkan data yang lebih fungsional dan lebih fungsional.

Sebagai contoh dibawah ini ada sebuah tabel yang menunjukan dalam NIS terdapat banyak data yang tertulis dalam bentuk kode. Kode tersebut menyimpan berbagai informasi seperti pada 4 digit pertama mengandung daftar siswa.  Untuk mengambil 4 digit pertama kita dapat menggunakan fungsi Left(B5,4)

Kemudian pada dua digit selanjutnya merupakan kode jurusan siswa. Untuk mengambil dua digit data selanjutnya digunakan fungsi MID (B5,5,2).

Sedangkan pada dua digit terakhir merupakan kode tahun masuk sekolah. Untuk mengambil dua digit huruf terakhir digunakan perintah LEFT(B5,2)

Kode tersebut akan dapat diperjelas dengan keterangan jurusan yang ada pada tabel dibawahnya yaitu kode jurusan dan nama jurusan serta kode tahun masuk dan informasi tahun masuk.


Cobalah mengerjakan contoh tabel diatas untuk berlatih menggunakan fungsi Left, Right dan Mid

0 Response to "Memahami fungsi Left, Right dan Mid"