Latest News

Menerapkan Sistem Bilangan

contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari sistem bilangan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah sistem bilangan mata uang. Kita mengenal banyak jenis mata uang seperti rp, dollar, zen, poundsterling, dan masih banyak lagi sistim bilangan pada mata uang.

begitu juga dalam sistem komputer juga dikenal dengan berbagai sistem bilangan diantaranya adalah bilangan berbasis, bilangan berbasis 3, bilangan berbasis 4, bilangan berbasis 10, hingga bilangan berbasis 16 yang sering digunakan dalam operasi komputer .

Dalam sistem komputer sistem bilangan tersebut dikenal dengan radiks. agar sistem yang berada di dalam komputer bisa dipahami dengan mudah oleh manusia kemudian dibuat lah hubungan antara satu sistem dengan sistem yang lain.

1. Bilangan berbasis dua atau ong biner terdiri dari angka nol dan angka 1. Bilangan inilah yang digunakan sebagai bahasa yang dipahami oleh komputer. bahkan semua bahasa pemrograman yang ada di komputer semuanya harus dikonversi menjadi bilangan biner ini.

Sebagai contoh dalam penerapan type data dalam bahasa pemrograman. Tipe data integer dalam pemrograman pascal memiliki kapasitas memori sebesar 8 bit. Sehingga jika nilai tersebut dikombinasikan seluruhnya akan mempunyai 255 kombinasi.

2. bilangan berbasis 10 atau desimal inilah yang paling familiar sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Terdiri dari bilangan 0, 1,2,3,4,5,6,7,8,9.

3. Bilangan berbasis 16 atau hexa desimal terdiri atas bilangan 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F. penerapan bilangan ini biasanya digunakan pada lP address  versi 6 atau pengalaman dan Mac address dalam sebuah kartu jaringan dalam komputer.

0 Response to "Menerapkan Sistem Bilangan"